Pj. Bupati Subang bersama Ketua Dekranas Subang cek langsung kesiapan Kendaraan Hias HUT Dekranas ke-44

Pemerintahan207 Dilihat
banner 468x60

 

Subang, BOMEN NEWS.com –

banner 336x280

Dekranasda Kabupaten Subang, Rabu (15/5/2024) akan mengikuti event nasional parade mobil hias dengan tema Kriya dan Budaya di Surakarta, Jawa Tengah. Event yang di selenggarakan dalam rangka HUT Dekranas ke-44 tersebut di ikuti lebih dari 100 peserta dari seluruh Indonesia yang terdiri dari kota/kabupaten dan provinsi.

Pada parade mobil hias kali ini Dekranasda Subang mengambil tema Pesona Subang yang di sesuaikan dengan tema kegiatan tersebut yaitu Kriya dan Budaya. Pada mobil hias akan di tampilkan kekayaan alam, budaya dan kreativitas warga Subang.

Salah satunya di tampilkan wayang golek dalam ukuran raksasa dengan menggunakan ornamen motif batik khas Subang. Wayang golek dan batik Subang merupakan representasi dari karya kriya, wastra sekaligus budaya khas Kabupaten Subang dan tatar pasundan.

Pesona Subang juga di tampilkan melalui kesenian khas Subang yaitu Sisingaan dan Genjring Bonyok. Sisingaan juga merupakan representasi karya kriya dan budaya Kabupaten Subang. Ornamen payung dan umbul-umbul khas Sisingaan juga di tampilkan di atas mobil hias. Berpadu dengan gerak Sisingaan, di tampilkan pula tarian batik khas Subang yang di bawakan oleh para mojang Subang, representasi dari keindahan sekaligus keramahan warga Subang.

Ornamen hias yang mewakili ke tiga zona wilayah Subang juga di tampilkan pada mobil hias. Daerah pesisir di antaranya di gambarkan dengan ornamen ombak dan ikan laut yaitu ikan etong yang menjadi salah satu kuliner khas Subang. Wilayah pedataran digambarkan dengan padi di mana Subang merupakan lumbung padi nasional. Sementara wilayah pegunungan di antaranya di gambarkan dengan buah nanas dan bunga, di mana Subang juga di kenal dengan sebutan Kota Nanas. Ornamen batik khas Subang juga di tampilkan di beberapa bagian lainnya.

Pj Bupati Subang Dr. Drs. Imran meninjau langsung proses pembuatan mobil hias ini di Solo (14/5/2024). Imran menilai acara ini penting sebagai ajang mengenalkan Subang. Apalagi yang hadir berasal dari seluruh Indonesia.

“Ini merupakan salah satu ajang untuk mempromosikan Kabupaten Subang. Kita kenalkan Kabupaten Subang melalui event ini. Agar nama Subang semakin di kenal,” ujarnya.

“Kita coba tampilkan potensi Kabupaten Subang dari mulai utara hingga selatan termasuk seni budayanya” lanjutnya.

Dia berharap event seperti ini ke depan juga bisa di gelar di Kabupaten Subang. (H. Ade Bom)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *