Kuota Calon Haji Tembus 23.000 Orang Hingga Menunggu 19 Tahun Keberangkatan

Haji113 Dilihat
banner 468x60

 

Subang, BOMEN News.com –

banner 336x280

Tingginya minat warga Subang untuk melaksanakan rukun Islam ke 5 ke Tunaikan Ibadah Haji keTanah Suci Mekah Almukaromah terus meningkat.

Hingga hari ini, jumlah kuota Calon Jemaah Haji yang akan berangkat ke Tanah Suci untuk menunaikan rukun Islam ke 5 mencapai 23.000 orang lebih.

“Daftar tunggu keberangkatan haji di Subang mencapai 19 Tahun. Saat ini sudah tercatat 23.000 orang menunggu keberangkatan ke Tanah Suci,” ujar Kasi Haji Kemenag Subang H. Rojak, Rabu, (24/4/2024).

Rojak pun mengajak warga jika berniat untuk berangkat ke tanah suci, agar segera mendaftar ke Kantor Kementerian Agama Subang.

“Alur SOP pendaftaran jika masyarakat mau daftar haji, itu ke Kementerian Agama. Dan sekarang pendaftaran haji sepanjang tahun,”katanya.

Saat ini, kata Rojak, biaya awal memesan kuota keberangkatan yakni sebesar Rp. 25 juta. Sementara biaya pelunasan berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) yang menentukan.

“Booking seat kuota haji itu 25 juta, ini besaran biaya di seluruh Indonesia. Kalau biaya pelunasan itu menunggu perpres, setiap tahun sudah ada perpres,” ungkapnya.

Ia pun menjelaskan alur pendaftarannya. Kantor Kementerian Agama nantinya akan menyarankan booking seat atau pemesanan kursi, Rp. 25 juta yang kemudian di salurkan pada bank pemerintah yang di tunjuk untuk menerima setoran haji.

“Jadi ke BPS(Bank Penerima Setoran) itu memboking SID 25 juta, kemudian kwitansi yang Rp. 25 juta di bawa ke Kementerian Agama. Nanti akan di buatkan Surat Pendaftaran Pergi Haji atau SPPH, dan tinggal menunggu pemberangkatan. Hari ini daftar, tunggunya 19 tahun ke depan baru di berangkatkannya,” ucapnya.

Sementara itu, calon jamaah haji asal Subang yang akan berangkat ke Tanah Suci tahun 2024 lebih dari seribu orang.

“Tahun 2024 ini ada 1.180 Calhaj asal Subang yang akan berangkat ke Tanah Suci,” ucapnya.

Para Calhaj Subang akan mulai di berangkatkan pada awal Mei 2024 menuju Sanah Suci Mekah dibagi menjadi 3 kelompok terbang (Kloter).

“Alhamdulillah, Calhaj Subang masuk kloter pertama dan akan berangkat mulai 11 Mei 2024 mendatang. Selanjutnya Kloter 10 akan berangkat tanggal 20 Mei dan kloter 24 akan di berangkatkan 3 Juni 2024,” ungkapnya.

“Semua Calhaj Subang akan di berangkatkan melalui Bandar Udara Internasional Kertajati Majalengka,” imbuhnya.

Sementara itu terkait Ongkos Naik Haji (ONH) Rojak menyebut ONH tahun 2024 di angka Rp93.410.286 per jamaah. Dengan rincian biaya 60 persen di bayar oleh jamaah dan 40 persennya di tanggung oleh pemerintah.

“Biaya tersebut sudah termasuk biaya penerbangan, akomodasi di Makkah, biaya hidup dan biaya visa,” pungkasnya. (H. Ade Bom)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *