Kemeriahan ‘Jagat Wayang Subang’: Kang Asep Ajak Warga Kenali dan Cintai Aset Budaya Nasional

Uncategorized201 Dilihat
banner 468x60

 

Subang, BOMEN News.com –

banner 336x280

Sekretaris Daerah Kabupaten Subang, H. Asep Nuroni, S.Sos, M. Si, memimpin pembukaan acara megah Peringatan Hari Wayang Golek Nasional dan Dunia di Lapangan Bintang Kabupaten Subang pada Minggu, 19 November 2023.

Dalam acara bertemakan “Jagat Wayang Subang,” kehadiran para artis nasional seperti Novia Rozma dan Daus Separo turut meramaikan perayaan tersebut.

Menurut Tatang Komara S.Pd., M.Si., Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Subang, peringatan ini menjadi semakin istimewa karena hanya kabupaten Subang yang mampu menyelenggarakan acara Hari Wayang Golek Nasional dan Dunia dengan begitu meriah, mendapat apresiasi tinggi dari tingkat nasional.

Tatang Komara juga menjelaskan bahwa perayaan ini terbagi menjadi dua sesi. Pagi hari di mulai dengan pembukaan peringatan melalui karnaval kostum wayang dan hiburan seru. Sesi kedua, malam hari, di sajikan dengan pertunjukan seni budaya wayang yang menggabungkan dalang lokal, nasional, dan internasional.

Dalam sambutannya, Kang Asep Nuroni, sapaan akrab Sekretaris Daerah Kabupaten Subang. Ia mengucapkan terima kasih dan apresiasi tinggi kepada KADISDIKBUD beserta jajarannya atas penyelenggaraan acara luar biasa ini.

“Kegiatan ini merupakan langkah tepat dan strategis dalam mendorong apresiasi masyarakat terhadap wayang sebagai aset budaya nasional,” ujar Kang Asep.

Lebih lanjut, Kang Asep menekankan bahwa wayang termasuk dalam daftar warisan tak benda UNESCO sejak 4 November 2008. Karena memiliki karakteristik yang indah dan sarat dengan nilai-nilai falsafah keutamaan hidup yang patut di lestarikan. Ia berharap peringatan Hari Wayang Nasional dan Dunia menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kekayaan budaya wayang. Yang tak lain merupakan jati diri dan karakteristik bangsa Indonesia.

(H. Ade Bom)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *