Disnakertrans Jabar Terima Penghargaan dalam Penegakan Hukum Ketenagakerjaan Tahun 2023

Pemerintahan202 Dilihat
banner 468x60

KOTA BANDUNG, BOMEN News.com – Kementerian Tenaga Kerja memberikan penghargaan dalam Penegakan Hukum Ketenagakerjaan tahun 2023 kepada Disnakertrans Jawa Barat.

Penghargaan di serahkan Menaker Ida Fauziyah secara langsung kepada Kadisnakertrans Jabar Teppy Wawan Dharmawan.

Selain memberikan penghargaan, Kemenaker juga meluncurkan buku ‘Panduan Sensitif dalam Pengawasan Ketenagakerjaan’ dan aplikasi Sistem Perlindungan Pekerja Perempuan, pada Rakornas Pengawasan Ketenagakerjaan, yang bertema ‘Pengawas Ketenagakerjaan Profesional dan Bermartabat untuk Indonesia Maju’ di Jakarta, Senin (25/9/2023) malam.

banner 336x280

Rakornas Pengawasan Ketenagakerjaan yang di gelar secara _hybrid_ berlangsung dari 25 – 27 September 2023.

Menaker Ida Fauziyah menyampaikan, pengawas ketenagakerjaan memiliki peran yang penting dalam penerapan dan penegakan hukum ketenagakerjaan.

Ida Fauziyah mengatakan, pengawas ketenagakerjaan harus mampu menjaga keseimbangan perlindungan kepada pekerja dan pengusaha tanpa adanya diskriminasi.

Ia menyebut, berbagai isu ketenagakerjaan lintas sektor seperti pencegahan dan penanganan kekerasan seksual, perlindungan pekerja migran, anak buah kapal kemaritiman, tenaga kerja bongkar muat, dan pekerja yang bekerja dengan sistem kontrak jangka pendek harus mendapat perhatian serius dari pengawasan ketenagakerjaan.

Menaker mengapresiasi pengawas ketenagakerjaan yang telah membuat terobosan dengan memperluas jangkauan layanannya kepada seluruh perusahaan.

Terobosan meliputi norma100 sebagai bentuk pengawasan ketenagakerjaan berbasis _website_, yang terintegrasi dalam SIAPKerja.

Kemudian, posko THR khusus untuk layanan pemberian THR keagamaan dan penyusunan pedoman pengawasan ketenagakerjaan pada perkebunan kepala sawit.

Terobosan lain aplikasi pengaduan kekerasan seksual dan perlindungan fungsi reproduksi pekerja perempuan, dan pedoman pengawasan ketenagakerjaan yang responsif gender.

Selain memberikan apresiasi, Menaker juga mengingatkan para pengawas ketenagakerjaan dalam menjalankan tugasnya di tuntut mempunyai keahlian, keterampilan, disiplin, integritas, dan menjunjung tinggi kebenaran, keadilan serta hak asasi manusia.

Sementara itu, Kepala Dis nakertrans Jabar Teppy Wawan Dharmawan mengatakan akan terus berupaya meningkatkan kesejahteraan pekerja di Jabar.

“Dis nakertrans Jabar akan terus berusaha untuk meningkatkan kepatuhan penyedia kerja atau perusahaan dalam melaksanakan kewajiban, khususnya bagi para pekerja sebagai bagian dari perlindungan untuk meningkatkan kesejahteraan pekerja,” kata Teppy, Rabu (27/9/2023).

(Farida)
Sumber : HUMAS JABAR

 

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *