Refleksi 5 Tahun Jimat-Akur di 30 Kecamatan di Kab Subang

Pemerintahan55 Dilihat
banner 468x60

Bupati Subang H. Ruhimat di dampingi Asisten Daerah bidang Perekonomian dan juga pembangunan, Setda Subang menghadiri Refleksi 5 Tahun kepemimpinan Jimat-Akur. Sekaligus Milangkala Ka- 55 Ciasem di Lapang Kantor Kecamatan Ciasem, Selasa 4 Juli 2023.

Dalam sambutan selamat datangnya, Camat Ciasem Eza Zaithon menuturkan Rangkaian refleksi Kepemimpinan Jimat-Akur di Kecamatan Ciasem tersebu. Juga bertepatan dengan peringatan Milangkala ke – 55 Kecamatan Ciasem.

banner 336x280

“Ini tonggak sejarah untuk masyarakat Ciasem, hari ini merupakan peringatan yang pertama kali dirayakan. Baru pada tahun ini juga, di adakan refleksi kepemimpinan di setiap kecamatan, terlebih saat pandemi interaksi terbatas yang melibatkan masyarakat”. Ungkap Eza.

Kemudian acara di lanjutkan dengan pemberian berbagai hadiah dan penghargaan lomba rangkaian milangkala ke 55 Kecamatan Ciasem.

Dalam sambutannya, plt. Asisten Daerah Bidang Perekonomian dan Pembangunan (Asda 2), H Hidayat menuturkan berbagai raihan Pemkab Subang di bawah kepemimpinan Jimat-Akur dalam kurun waktu 4 (empat) tahun. Di antaranya, pembenahan birokrasi dengan Kebijakan rotasi mutasi ‘Zero Rupiah’ yang menuai penghargaan meritrokrasi terbaik 2 kali secara berturut-turut. Serta Raihan opini WTP dari BPK RI untuk yang pertama kali sepanjang sejarah Kabupaten Subang. Dan juga tetap di pertahankan 5 kali berturut-turut.

Di tahun kedua kepemimpinan Jimat-Akur, H Hidayat menjelaskan semua yang di rencanakan Kang Jimat dan Kang Akur terdampak Pandemi. Sehingga Refocusing dan realokasi anggaran untuk percepatan pencegahan dan penanganan covid-19 harus di lakukan. Namun tetap Jimat-Akur menyiasati kebijakan anggaran dengan tetap mempertahankan beberapa program strategis, di antaranya; pembukaan badan jalan Serangpanjang – Cipeundeuy. Dan pematokan jalan Cilamaya-Patimban.

Selanjutnya, untuk tahun ketiga meski masih di pengaruhi oleh pandemi. Kang Jimat-Akur tetap berkoordinasi dan berkomunikasi dengan pemerintah pusat dan berbagai Kementerian untuk mendapatkan bantuan.

H Hidayat menuturkan, di tahun keempat atau tahun 202. Kang Jimat-Akur menginisiasi kebijakan rekrutmen guru mengangkat PPPK formasi guru sebanyak 2.606 guru dan 121 PPPK formasi tenaga kesehatan.

“Ini menjadi ikhtiar untuk mencerdaskan dan menyehatkan masyarakat Kabupaten Subang. Kedua hal ini beriringan karena selain harus pintar, masyarakat harus tetap sehat” tutur H. Hidayat.

Acara di lanjutkan dengan penayangan video testimoni masyarakat Ciasem terhadap pembangunan Kabupaten Subang, video rancangan Subang di masa depan. Dan video sambutan dari Wakil Bupati Subang yang tengah melaksanakan ibadah haji.

Dalam sambutannya, Bupati Subang yang akrab di sapa Kang Jimat menuturkan rasa salutnya kepada Kecamatan Ciasem. Yang menyelenggarakan refleksi bersamaan dengan milangkala ke – 55.

“Baru kali ini ada kecamatan yang menyelenggarakan Refleksi berbarengan dengan milangkala, apresiasi untuk Camat, Kepala Desa dan seluruh pihak di Kecamatan Ciasem” Ungkap Kang Jimat.

Kang Jimat juga menjelaskan mengapa Refleksi Kepemimpinan tahun ini di laksanakan di tiap kecamatan.

“Kenapa di laksanakan refleksi 5 tahun di Kecamatan, paling tidak, saya sebagai ‘kokolot’ di tingkat Kabupaten, bisa bertemu ‘anak-anak’nya. Tukang cendol ada yang beli, dan lebih banyak masyarakat yang bisa hadir”. Ucap Kang Jimat.

Kang Jimat pun membahas terkait progres Pemekaran Subang Pantura menjadi CDPOB Subang Utara. Dia menegaskan akan mengawal rencana pemekaran wilayah tersebut.

“Saya sangat mendukung, saya ingin mengawal dan merealisasikan pemekaran Subang Utara. Mengapa? Karena kalau masih hanya 1 Kabupaten yang menaungi 30 Kecamatan, bantuan Pemerintah Pusat 2 Trilyun per Kabupaten. Kalau jadi dua kabupaten, nanti bantuan dari pusat bisa 2 kali lipat, saya ingin betul semua daerah di Subang maju. Ada yang berkata ke saya, Pak Haji, Emang ga sayang ‘Melepas’ Patimban (ke Subang Utara)?. Saya tegaskan saya lakukan ini semua bukan untuk diri sendiri” Tegas Kang Jimat.

Terkait kebutuhan jalan, Kang Jimat menyampaikan Pemerintah Daerah Kabupaten Subang sedang menyiapkan infrastruktur Subang. Menyambut era industrialisasi dan kehadiran Pelabuhan Patimban.

“Tahun 1977 akses masih terbatas, tidak ada mobil yang lewat rumah kuring di Dusun Cintamekar, itu di karenakan infrastruktur yang masih terbatas. Itu 46 tahun yang lalu, seperti apa 46 tahun yang akan datang? Maka dari itu Pemerintah daerah mempersiapkan untuk bagaimana hari esok subang, dengan adanya industrialisasi dan Pelabuhan Patimban. Pemerintah menyiapkan beberapa akses jalan, tiada lain untuk kemajuan Subang” Tutur Kang Jimat.

Kang Jimat pun mengajak masyarakat untuk bergotong royong dalam kebaikan dan kemajuan Subang.
“Hayuk bapa – ibu semuanya kita berjuang bersama-sama untuk Kabupaten Subang, untuk Wilayah masing-masing, sebab membangun itu tidak cukup hanya Bupati.  Tidak cukup hanya camat, tapi harus seluruh masyarakat” Tutup Kang Jimat.

Di lanjutkan dengan pemberian apresiasi kepada para ‘pejuang kesehatan’ dan Linmas yang telah memiliki masa bakti ‘terlama’. Bahkan sudah bertugas dari tahun 1983. Serta penyerahan secara simbolis dari Pemda Subang kepada Yayasan An Nahla Firdaus sebesar 50 juta Rupiah. Serta pemberian pengundian hadiah doorprize.

Acara di lanjutkan dengan penyatuan 9 air yang berasal 9 mata air dari masing-masing desa yang ada di Kecamatan Ciasem. Lalu di siramkan ke tanaman yang ada di Lapang Kecamatan Ciasem. Hal ini menandakan sebagai komitmen dan kekompakan seluruh desa di Kecamatan Ciasem bersatu membangun Kecamatan Ciasem.

Kegiatan di lanjutkan dengan tausiyah oleh ustadzah H Aah Nurul Muhibah, dan di tutup dengan pertunjukan seni teater Milangkala ka 55 Kecamatan Ciasem.

Turut hadir pada acara tersebut Ketua TP PKK Kabupaten Subang, Ketua DWP Kabupaten Subang, Para Asisten Daerah, Para Kepala OPD. Perangkat Kecamatan Ciasem, Kepala Desa se-Kecamatan Ciasem, serta para tokoh masyarakat Kecamatan Ciasem.

(H. Ade Bom)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *