PT DAHANA Melanjutkan Kinerja apiknya di Pertambangan Batubara Milik PT Bukit Asam

Uncategorized203 Dilihat
banner 468x60

PT DAHANA melanjutkan kinerja apiknya di pertambangan batubara milik PT Bukit Asam, Tbk. DAHANA di percaya untuk memberikan layanan Jasa Peledakan untuk Unit Penambangan Tanjung Enim hingga lima tahun ke depan. Dengan menggunakan produk emulsi DABEX yang di sokong oleh fasilitas On Site Emulsion Plant (OSP). Hal tersebut di tandai dengan perpanjangan kontrak jasa peledakan pada awal April 2023 yang lalu di Jakarta.

Direktur Utama PT DAHANA, Wildan Widarman, menyambut gembira kerjasama ini. Hal tersebut menunjukkan semangat core value BUMN AKHLAK untuk saling berkolaborasi. DAHANA merupakan anggota Holding DEFEND ID, sementara PT Bukit Asam, Tbk merupakan anggota MIND ID.

banner 336x280

“Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaannya terhadap layanan DAHANA. Tentunya ini menjadi tantangan bagi kami untuk terus meningkatkan performa dalam mendukung PT. Bukit Asam mencapai targetnya,” ujar Wildan Widarman di Jakarta (03/07).

Sebagaimana di ketahui, DAHANA menyediakan layanan bahan peledak terpadu untuk sektor pertambangan umum, kuari, konstruksi, minyak dan gas serta pertahanan. Adapun lini bisnisnya meliputi Drilling & Blasting, Explosives Manufacturing, Related Services serta Defence Related. Tahun 2022, kontribusi terbesar pendapatan usaha di peroleh dari lini bisnis Drilling & Blasting Services sebesar 48,3%.

Sementara itu, GM Divisi Tambang Umum 1 PT DAHANA, Herry Sudaryanto mengatakan bahwa saat ini di site PT Bukit Asam masih menggunakan ANFO dan secara bertahap akan beralih ke emulsi (DABEX) berikut OSP-nya yang sedang di bangun.

DAHANA juga terus melaksanakan inovasi, salah satunya dengan membangun Waste Oil Preparation Plant. DAHANA di percaya melakukan pembangunan waste Oil preparation Plant untuk meningkatkan pemanfaatan limbah oli bekas sebagai pengganti minyak diesel untuk bahan baku pencampuran ANFO dan Emulsion.

“Hal ini juga untuk mendukung upaya PT Bukit Asam dalam penilaian proper lingkungan dan produksi yang tinggi namun tetap efisien,” ungkap Herry Sudaryanto.

Di site ini, DAHANA di pimpin oleh PJO Taufan Andrian Putra yang di dukung oleh team peledakan yang handal. Di akui Herry, DAHANA memiliki berbagai macam tantangan seperti beberapa area pit yang turut membutuhkan metode peledakan yang berbeda-beda. Namun dengan keahlian dan pengalaman dalam memahami kondisi di area pit, maka masalah tersebut dapat dengan efektif di selesaikan.

“DAHANA berhasil melakukan pemetaan untuk penyerapan tenaga kerja lokal, saat ini jumlah pekerja lokal DAHANA untuk site PT Bukit Asam berada di angka 85%. Keberhasilan ini tak lepas dari peran PJO yang rutin membuat program sesi kelas untuk memperbaharui pemahaman pekerja, memberi kelas private untuk sertifikasi bagi pekerja yang potensial,” terang Herry.

DAHANA bersama dengan PT Bukit Asam juga berhasil melakukan efisiensi bahan peledak yang berawal dari dampak sosial pertambangan dan hasil yang tidak langsung optimal. Namun dengan teknik-teknik baru yang di aplikasikan, kedua perusahaan dapat mencapai efisiensi pada tingkat yang jauh lebih baik.

Menurut Taufan Andrian Putra, PT DAHANA juga memiliki prestasi di bidang K3LH, di mana Safety Officer DAHANA, Muhammad Rega Suryatama mendapatkan penghargaan sebagai Agent SHE terbaik dari PT Bukit Asam.

“Hal ini tak lepas dari kegigihannya dalam mengimplementasikan program-program HSE untuk memenuhi Kaidah Penambangan yang Baik. Karena dalam dunia kerja, etos dan pengetahuan harus bisa berjalan bersama,” pungkas Andrian, PJO Site PT Bukit Asam – Dahana.

( Ade Bom/ Humas PT Dahana)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *