Refleksi Jimat – Akur di Kecamatan Cijambe

Pemerintahan60 Dilihat
banner 468x60
Subang, BOMEN News.com –

Bupati Subang H. Ruhimat, di dampingi Sekda Kabupaten Subang Asep Nuroni, S.Sos, M.Si. Melaksanakan Roadshow Refleksi 5 Tahun Kepemimpinan Jimat-Akur, yang di laksanakan di Lapang Kecamatan Cijambe. Selasa, 20 Juni 2023.

Camat Cijambe, H. Nana Suryatna, S.Pd., M.Si mengungkapkan Refleksi Kepemimpinan adalah hal yang pertama kali di laksanakan pada masa kepemipinan Jimat-Akur. Yang bukan hanya sebuah seremoni, tapi sebuah penilaian kinerja yang telah di laksanakan selamat 4,5 tahun memimpin Kabupaten Subang. Sekaligus silaturahmi dengan masyarakat serta menyampaikan arah pembangunan Kabupaten Subang yang telah dan tengah di lakukan. Serta untuk di masa yang akan datang.

banner 336x280

“Pemerintah Daerah tidak bisa berjalan sendiri, pembangunan harus bekerja sama dengan seluruh pihak. Mari kerahkan seluruh kemampuan untuk keberlanjutan pembangunan.” Ungkap Nana.

Menutup sambutannya, Nana pun berterima kasih kepada Kang Jimat – Akur berkat pembangunan infrastruktur jalan di Kecamatan Cijambe. Dan juga penanganan bencana longsor di Kecamatan Cijambe.

“Mau tidak mau kita harus menyadari keberhasilan beliau, contohnya jalan jalan yang asalnya rusak sekarang sudah bagus. Dan juga Kecamatan Cijambe rawan longsor, berkat ketegasan dan kesigapan pak Bupati, ketika ada bencana di Cijambe langsung dapat tertangani.”

Sekda Subang, Kang Asep Nuroni menuturkan berbagai raihan Pemkab Subang di bawah kepemimpinan Jimat-Akur dalam kurun waktu 4 (empat) tahun. Di antaranya, pembenahan birokrasi dengan Kebijakan rotasi mutasi ‘Zero Rupiah’ yang menuai penghargaan meritrokrasi terbaik 2 kali secara berturut-turut. Serta Raihan opini WTP dari BPK RI untuk yang pertama kali sepanjang sejarah Kabupaten Subang, dan tetap di pertahankan 5 kali berturut-turut.

Di tahun kedua kepemimpinan Jimat-Akur, Kang Asep Nuroni menjelaskan semua yang di rencanakan kang Jimat dan kang Akur terdampak Pandemi. Sehingga Refocusing dan realokasi anggaran untuk percepatan pencegahan dan penanganan covid-19 harus di lakukan. Namun tetap Jimat-Akur menyiasati kebijakan anggaran dengan tetap mempertahankan beberapa program strategis. Di antaranya; pembukaan badan jalan Serangpanjang – Cipeundeuy, dan juga pematokan jalan Cilamaya-Patimban.

“Dua jalan strategis ini harus di siapkan mengingat telah beroperasinya Pelabuhan Patimban yang akan menjadi magnet investasi nasional masuk ke-Subang.” Ungkap Kang Asep Nuroni.

Selanjutnya, untuk tahun ketiga meski masih di pengaruhi oleh pandemi. Kang Jimat-Akur tetap berkoordinasi dan berkomunikasi dengan pemerintah pusat dan berbagai Kementerian untuk mendapatkan bantuan.

“Saya menjadi saksi, kang jimat rela berkendara mengunakan jasa ojek online. Untuk hadir tepat waktu estafet rapat koordinasi dari kementrian ke kementrian.

Hasilnya, penetapan perpres 87 tahun 2021 tentang percepatan pembangunan ‘Kawasan Rebana’ dan juga ‘Jabar Selatan’ . Di mana dalam perpres tersebut di tetapkan 4 (empat) ruas jalan baru mendapatkan pembiayaan dari APBD provinsi dan APBN. Keempat jalan tersebut yaitu jalan Serangpanjang-Cipeundeuy, Cilamaya-Patimban, jalan Pamanukan-Tegalurung dan jalan lingkar luar kota Subang.”

Kang Asep Nuroni menuturkan, di tahun keempat atau tahun 2022, Kang Jimat-Akur menginisiasi kebijakan rekrutmen guru. Dengan mengangkat PPPK formasi guru sebanyak 2.606 guru dan 121 PPPK formasi tenaga kesehatan.

“Ini menjadi ikhtiar untuk mencerdaskan dan menyehatkan masayarakat Kabupaten Subang. Alhamdulilah, cakupan kepesertaan BPJS masyarakat kabupaten Subang sampai dengan saat ini mencapai 93,34 %. Atau kurang dari 1,66 % lagi dari target UHC atau universal healt coverage sebesar 95%. Apabila cakupan sudah 95% masayarakat kabupaten Subang bisa langsung di aktivasi kartu BPJS nya untuk kemudian mendapatkan layanan kesehatan. Hal ini sebagai bentuk kesiapan menghadapi era industrialisasi setelah beroperasinya Pelabuhan Patimban” tutup Kang Asep.

Kang Jimat mengajak masyarakat untuk bergotong-royong dalam membangun Kabupaten Subang.

“Ayo kita sama sama dalam rangka membangun Kabupaten Subang dan membangun Kecamatan Cijambe. ‘Kudu beunghar hate dinararaga gotong royong.’ Kalau bisa setiap minggu gotong royong kerja bakti untuk membersihkan selokan supaya tidak mampet. Ini untuk kepentingan semua.” Ucap Kang Jimat.

Terkait kebutuhan jalan, Kang Jimat menyampaikan Pemerintah Daerah Kabupaten Subang akan membuka empat ruas jalan baru di antaranya Jalan Serangpanjang – Cipeundeuy, Jalan Cilamaya – Patimban, Jalan Pamanukan – Tegalurung, dan juga Jalan Lingkar Kota Subang.

“Pemerintah daerah mempersiapkan untuk bagaimana hari esok subang, dengan adanya pelabuhan patimban. Pemerintah menyiapkan beberapa akses jalan, tiada lain untuk kemajuan subang. Kalau sudah penuh dengan pendatang, penuh dengan industri, maka akan sulit untuk membuka jalan.” Tutur Kang Jimat.

Selanjutnya, pada kesempatan tersebut di laksanakan pemberian penghargaan kepada ketua RT dan Linmas yang telah mengabdi lebih dari 10 tahun.

Turut hadir pada acara tersebut Anggota DPRD Kab. Subang, Ketua TP PKK Kabupaten Subang, Ketua DWP Kabupaten Subang, Para Asisten Daerah dan Staf Ahli, Para Kepala OPD, Para Camat, Para Kabag, Perangkat Kecamatan Cijambe, Kepala Desa se-Kecamatan Cijambe, serta para tokoh masyarakat Kecamatan Cijambe.

(H.Ade BOM)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *