Sejumlah Pejabat di Subang Berharap Jika Sumasna ST di Tunjuk jadi Pj.Bupati Subang oleh Kemendagri

Pemerintahan170 Dilihat
banner 468x60

Subang, BOMEN News.com –

Masa Jabatan Bupati dan Wakil Bupati Subang akan segera habis pada bulan November 2023. Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Subang H. Narca Sukanda,S.Sos, mendesak agar Pemkab Subang segera mengusulkan nama calon Pejabat (Pj). Bupati Subang.

banner 336x280

Menurut dia, Pj. Yang akan mengisi kekosongan setelah masa jabatan Bupati Ruhimat habis pada November 2023 mendatang harus segera menjadi agenda utama Pemkab.

“DPRD minta Sekretaris Daerah (Sekda) Subang segera mengusulkan nama-nama calon yang akan menjadi calon Pj Bupati Subang,” ujarnya Selasa (30/5/2023).

“Dia menambahkan, masa jabatan Bupati Ruhimat tinggal 6 bulan lagi. Sehingga penjaringan calon Pj Bupati harus segera di persiapkan dari sekarang.

“Mekanismenya Pemkab mengusulkan ke kita (DPRD). Kemudian nanti hasil dari rapat paripurna kita teruskan ke Gubernur dan selanjutnya ke Kemdagri,” Terang dia.

Pemilihan Pj. Bupati Subang, lanjut dia, harus sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2023 tentang Penjabat Gubernur, Penjabat Bupati, Dan Penjabat Wali Kota.

“Aturannya sudah jelas. Ada di Permendagri No 4 Tahun 2023. Kita minta harus sesuai aturan itu,” imbuhnya.

Pj. Bupati Subang dalam aturan harus minimal Pejabat Eselon II atau setingkat kepala dinas. Pemkab Subang nantinya harus mengajukan tiga nama calon.

“Selain pemkab yang mengusulkan, Gubernur dan Kemendagri juga sama-sama akan mengusulkan,” jelasnya.

Jadi jika di satukan antara usulan Pemkab dan Pemprov serta Kemendagri, nantinya calon PJ Bupati Subang itu ada sembilan orang. Sembilan orang tersebut, tiga usulan dari Pemkab, tiga dari Pemprov dan sisanya dari Kemendagri.

“Kita dukung siapa saja calonnya. Tapi kita harapkan ada prioritas untuk calon Pj. Usulan dari Pemkab, karena calon Pj. Harus yang tahu wilayah. Yang tahu wilayah dan karakter masyarakat Subang yang akan di tunjuk menjadi pejabat di Subang,” ucapnya.

Sementara di Kalangan ASN dan Para pejabat di Pemerintah Kabupaten Subang, banyak berharap Bahwa Gubernur Jawa Barat. Mengusulkan secara khusus jadi Prioritas Bpk Sumasna ST, ke Kemendagri untuk di Percaya jadi Pj. Bupati Subang.

Karena Sosok Sumasna ST, yang sekarang pejabat Kepala BKD di Provinsi Jawa Barat , merupakan Putra Asli Subang, yang sangat paham terhadap kultur budaya, karakter Masyarakatnya, juga sebelumnya Sumasna ST, pernah menjabat eselon II di beberapa OPD, di antaranya Kepala BP4D, Kepala Dinas Pemukiman dan Perumahan, ASDA III. Kemudian Menjabat Kepala DPMPTSP.” Ujar beberapa Pejabat Subang yang minta Jati dia tidak di sebutkan di Media.

(H. Ade Bom)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *