Lomba Rampak Bedug” Kang Jimat Ingin Generasi Muda Tetap Gemar Beribadah di Tengah Kemajuan Teknologi

Uncategorized135 Dilihat
banner 468x60

Dan

Subang, BOMEN News.com

banner 336x280

Bupati Subang menghadiri sekaligus membuka Lomba Rampak Bedug Piala Bupati Cup dalam Rangka Milangkala Ka – 75 Kabupaten Subang, bertempat di Halaman Radio Benpas Subang, Kamis 25 Mei 2023.

Lomba tersebut di ikuti 45 grup yang berusia 17 tahun ke atas (dewasa) yang di ikuti oleh perwakilan tiap kecamatan, dan masyarakat umum.

Iwan Rudianto Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Subang selaku ketua panitia melaporkan lomba ini di adakan oleh inisiasi Kang Jimat yang terinspirasi dari Lomba Rampak Bedug yang pernah di adakan di Kecamatan Purwadadi.  Dan Iwan pun menuturkan kegiatan tersebut non budgeter, atau tidak menggunakan PAD, yang dana nya berasal dari gotong royong pihak sponsorhip.

Iwan menuturkan, Kegiatan lomba tersebut bertujuan untuk meneruskan warisan kebudayaan, serta memberi variasi kegiatan keagamaan yang menarik bagi generasi muda agar gemar ke masjid.

Dalam sambutannya Kang Jimat menuturkan rampak bedug telah di gunakan sejak ribuan tahun lalu. Tradisi ini merupakan strategi dakwah dari wali songo. Khususnya Sunan Kalijaga untuk mempercepat penerimaan masyarakat terhadap agama islam.

“Saat itu saya menyaksikan langsung lomba bedug di Kecamatan Purwadadi, dan menilai hal ini sangat positif. Terlebih dengan kemajuan teknologi, ada dampak negatif di samping dampak positifnya. Mudah-mudahan ini menjadi langkah yang lebih baik untuk mengimbangi dunia yang semakin canggih. Semoga dengan kegiatan rampak bedug yang ada di masjid, saat datang waktu sholat, mereka juga beribadah.” Harap Kang Jimat.

Kang Jimat berharap dengan adanya kegiatan tersebut, dapat menguatkan kebersamaan dan gotong royong serta mempererat tali persaudaraan. Dalam mewujudkan Subang Jawara (Jaya, Istimewa, Sejahtera).

Kang Jimat juga menghaturkan ucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Subang yang telah memberikan dukungan terhadap pencapaian program Jawara. Serta raihan-raihan prestasi yang di capai oleh Kabupaten Subang.

“Saya memohon maaf apabila masih banyak pr yang belum terselesaikan. Insyaa Allah saya akan berusaha agar seluruh program-program yang belum tercapai bisa di selesaikan dengan baik. Mohon doanya agar kami bisa mewujudkan cita-cita kita bersama” Tutup Kang Jimat.

Seusai memberi sambutan, Kang Jimat pun meresmikan pembukaan lomba tersebut dengan pemukulan bedug di dampingi Dandim 0605 Subang, Wakapolres Subang, dan Kasi Bintal Lanud Suryadarma.

Hadir pada kegiatan tersebut,para camat, Asisten Daerah, Staf Ahli, Jajaran Diskominfo, para kepala dinas, perwakilan organisasi islam, dan masyarakat lainnya. (H. Ade Bom)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *