Yakin Akan Menang, 24 Ahli Waris R.Soma Diwinata, Gugat Pemkab, Gubernur Dan Metri Dalam Negeri

HUKUM282 Dilihat
banner 468x60

 

Subang, BOMEN News.com –

banner 336x280

24 Ahli Waris R Somadiwinata, melakukan gugatan kembali terhadap pemerintah kabupaten Subang, Gubernur Jawa Barat dan juga Kementrian Dalam Negeri, terkait pencaplokan tanah Sari Ater yang sekarang jadi Obyek wisata pemandian air panas Sari Ater di Kecamatan Ciater Subang Jawa Barat.

Menurut Absar Karta Brata Kuasa Hukum dari 24 Ahli waris R Somadiwinata, Senin 15 Mei 2023, menyebutkan, Saat ini sudah memasuki Sudang Pemeriksaan Setempat di lokasi Pemandian Air Panas Sari Ater.” Sebelumnya bahwa 24 Ahli waris sempat melakukan Gugatan ke pemerintah Kabupaten Subang, Gubernur dan juga Kementrian Dalam Negeri, terkait pencaplokan tanah di Sari Ater oleh pemerintah.

Di saat Gugatan di tahun 2021, Hakim pengadilan Negeri Subang, memutus dengan Keputusan NO, artinya tidak ada keputusan inkrah, Absar Kartabrata, SH, mengajukan banding dan juga Kasasi, sehingga mendapatkan keputusan, untuk mengajukan Gugatan kembali.

Di katakan Kuasa Hukum 24 Ahli waris R Soma Diwinata, pihak keluarga memiliki bukti bukti kepemilikan atas Sebagian Tanah di Sari Ater.

Pembuktian tersebut atas dasar keterangan dari Kepala Agraria yang di tandatangani Drs Maludin Supyansuri pada 28 Agustus 1984.
Yang kemudian di tindak lanjuti oleh Kabag Hukum Setda Subang, R Husen Harjadinata, bahkan surat tersebut yang di tanda tangani pada 30 Nopember 1984.
Dalam isi Surat yang di tujukan kepada Pengadilan Negeri Subang dan kepada Bupati, pada waktu persidangan melawan Gugatan Basari atas nama Ertin Sentin, yang menggugat pemerintah Daerah, Gubernur dan juga Kementrian Dalam Negeri terkait Sari Ater.

Dalam keterangan Agraris tersebut berdasarkan penjelasan kepala Cabang IPD Purwakarta, pada 27 Maret 1970 di ketahui sebagian tanah Ciater berasal dari kepemilikan atas Nama R Soma Diwinata.
Leter C. 603 persilnya. 129 -D. IV seluas 0,270 H, . Persil. 133- D. IV seluas 0193 H dari 11 persil itu keseluruhan seluas 3.245 H. Terang Absar Kartabrata selaku Kuasa Hukum ke 24 Ahliwaris.
Keterangan tersebut di jadikan dasar pemenangan kepetusan PN. Subang atas Perkara.

37/PDT.G/1984/P.N.SUBANG
Dalam perkara Ny. Entin Sentin sebagai penggugat melawan:

1.Pemerintah Kabupaten Subang
2.PT. Sari Ater
3.Soeharma Pemilik PT. Sari Ater

Menurut Kuasa Hukum, 24 Ahli waris dari R. Somadiwinata akan memenangkan Gugatan terhadap Pemerintah yang sudah mencaplok Tanah milik ahli waris.

Secara terpisah Kabag Hukum Setda Kabupaten Subang, Yoyon membenarkan adanya ajuan Gugatan kembali oleh 24 Ahli waris R. Somadiwinata.

Pemerintah Daerah sendiri telah menunjuk Kuasa Hukum yakni Dede Sunarya.

Dia juga mengaku yakin dapat memenangkan gugatan tersebut, “Kita optimis, kita punya bukti-bukti kok bahwa tanah itu punya kita,” tegasnya.

Dia menyebut, gugatan yang di layangkan ahli waris Raden Somadiwinata merupakan hak para ahli waris.

“Gugatan itu adalah hak mereka, mereka juga sempat memperlihatkan bukti-bukti kepemilikannya kepada kita. Tapi soal pembuktian siapakah pemilik sebenarnya itu nanti juga di buktikan di pengadilan,” kata Yoyon.

Menurut Yoyon, saat ini pihaknya bersama Kuasa Hukum Pemerintah yakni Dede Sunarya, Memiliki bukti-bukti sah kepemilikan atas tanah yang di gugat. Seperti Sertifikat, tanah tersebut merupakan Aset Pemerintah Daerah, bahkan bukti tersebut untuk menghadapi sidang pengadilan.” ( H.Ade Bom)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *