Di Sela Acara Sosialisasi Pj Bupati Nagan Raya Tegaskan Penyaluran Dana Desa Jangan Memilah-milah

Pemerintahan154 Dilihat
banner 468x60

 

Nagan Raya, BOMEN News.com –

banner 336x280

Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas AP. S.Sos., M.Si membuka acara Sosialisasi Dana Desa Tahun Anggaran 2023 dan Penandatanganan Pakta Integritas Gampong. Di Aula Setdakab Komplek Perkantoran Suka Makmue. Jum’at (12/05/2023).

Pada kesempatan itu, Fitriany Farhas memaparkan materi tentang” Arah Pengunaan Dana Desa Tahun 2023,”

Ia mengatakan bahwa tugas pemerintah daerah hanya mengarahkan bagaimana penggunaan dana tersebut.

“Jika ada yang tidak di pahami maka bertanyalah dan saya meminta dalam menyalurkan dana desa nanti jangan memilah-milah,” kata Pj Bupati.

Bapak di pilih oleh masyarakat maka berlakulah adil dalam menyalurkan bantuan atau hal lainnya. Tambahnya.

Terakhir, Fitriani Farhas mengajak para Keuchik gampong (Kepala Desa) untuk bersinergi dengan pemerintah daerah dalam membangun suatu wilayah.

“Mari bersama saya dan Forkopimda untuk membangun Nagan Raya yang kita banggakan ini,” ajak Fitriyany Farhas.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong Pengendalian Penduduk dan Pemberdayaan Perempuan (DPMGP4) Damharius, S. Pd.,M.Si. dalam laporan menjelaskan, dana desa merupakan pemasukan di setiap gampong untuk meningkatkan sarana masyarakat berupa pemenuhan kebutuhan dasar, penguatan lembaga gampong dan kegiatan lainnya yang di butuhkan masyarakat yang di putuskan melalui Musrenbang Desa.

“Tujuan disalurkan dana desa adalah bentuk komitmen pemerintah dalam melindungi dan memberdayakan gampong. Agar menjadi kuat, maju, mandiri dan demokratis,” tutup Damharius

Kemudian acara itu di lanjutkan dengan Pemaparan materi tentang “Solusi Menekankan Inflasi Dengan Perternakan Dan Pertanian,” oleh Dandim 0116 Nagan Raya Letkol. INF Tony Setyo Widodo.

Damdim mengajak, seluruh para keuchik gampong untuk meningkatkan kebiasaan seperti menanam dan memelihara ternak guna menekan inflasi daerah.

“Ini merupakan salah satu langkah untuk menurunkan angka inflasi yang terjadi saat ini,” pinta Dandim 0116 Nara

Sementara itu, Kapolres Nagan Raya, AKBP Setiyawan Eko Prasetya S.H.,S.I.K melalui Kasat Reskrim AKP. Machfud yang turut menjadi pemateri pada kegiatan tersebut dalam paparannya mengingatkan bahwa Dana Desa untuk kesejahteraan masyarakat bukan kesejahteraan aparatnya.

“Anggaran yang di berikan oleh pemerintah untuk kemakmuran masyarakat,” ujar AKP Machfud

Di katakan, dengan penggunaan dana yang tepat sasaran akan mencegah konflik dalam desa.

Pada kesempatan yang sama, Kajari Nagan Raya, Muib, SH.,MH dalam paparan mengungkapkan, dalam menjalankan segala hal maka tergantung niatnya.

“Maka jika ingin bapak aman dalam menjalankan tugas sebagai kepala desa luruskan niatnya terlebih dahulu,” harap Kajari, Muib yang juga sebagai pemateri.

Selanjutnya, pada kesempatan itu, Pj. Bupati Nagan Raya menyerahkan Penghargaan kepada Desa Mandiri yakni Gampong Simpang Peut, Langkak dan Blang Tengoh serta Penyamatan PIN kepada geuchik gampong tersebut.

Di akhir acara Penandatanganan Pakta Integritas bersama oleh Pj Bupati Nagan Raya dan para keuchik gampong.

Hadir pada kegiatan tersebut para Forkopimda, kepala SKPK terkait, Para Camat serta Keuchik Gampong dalam lingkup Kabupaten Nagan Raya. (Sa)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *